Profil Basuki Tjahaja Purnama aka. Ahok

Biodata dan Profil dari Basuki Tjahaja Purnama aka. Ahok – Tokoh politik yang saat ini menjadi gubernur Jakarta ini lebih dikenal dengan nama yakni Ahok. Berikut ulasan artikel dan tulisan kita mengenai Biodata Ahok dan Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok.


Biodata Ahok dan Profil Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan Ahok.
Bernama lengkap Ir. Basuki Tjahaja Purnama yang lahir di belitung yang tepatnya pada tanggal 29 Juni 1966. Putra dari pasangan Alm. Indra Tjahaja Purnama dan Buniarti ini adalah anak pertama dari 4 bersaudara. Saudara Ahok yakni Basuri Tjahaja , Fifi Lety dan Harry Basuki. Ahok memiliki keluarga yang mempunya keturunan Tionghoa-Indonesia.

Kecilnya beliau habiskan Desa Gantung, Kecamatan Gantung, Kabupaten Belitung Timur,Ahok disana sampai sekolah SMP, setelah itu ia melanjutkan pendidikannya ke Jakarta, tepatnya di Universitas Trisakti dengan jurusan Teknik Geologi di Fakultas Teknik Mineral.

Setelah lulus kuliah tahub 1989 Ahok kembali ke Belitung dan mendidirikan CV pada bidang kontraktor pertambangan Timah. Beliau melanjutkan ke jenjang magister pada tahun 1944 dengan gelar Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya.

Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama menikah dengan ibu Veronica, perempuan asli medan, pernikahan pak Ahok dan ibu Veronika memiliki 3 orang anak yakni, Nicholas Sean, Nathania, dan Daud Albeenner.

 Tahun 1992 Ahok memulai karir nya di dunia bisnis menjadi Direktur PT Nurindra Ekapersada, Tahun 1995 Ahok kembali membangun pabrik Gravel Pack Sand (GPS) di di Dusun Burung Mandi, Desa  Mengkubang, Kecamatan Manggar, Belitung Timur, pabrik ini adalah pencetus kawasan industri dan pelabuhan samudra, dengan nama Kawasan Industri Air Kelik (KIAK), dna pada 2004 berhasil menggaet investor asing Korea.

Politik Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama 
Pada tahun 2005, Ahok dan  Khairul Effendi, B.Sc mencalonkan diri sebagai calon Bupati-Wakil Bupati Belitung Timur periode 2005-2010. Dan tahun 2007, Ahok kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur namun kalah. Pada 2009 Ia terpilih menjadi DPR-RI untuk wilayah Belitung dan duduk di Komisi II.
Pada tahun 2012 Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama mencalonkan  diri sebagai Wakil Gubernur Jakarta bersama Joko Widodo. Dan pada tahun 2014 Beliau menggantikan Jokowi menjadi Gubernur dikarenakan Jokowi menjadi Presiden RI, dan resmi dilantik sebagai Gubernur DKI oleh Presiden Jokowi pada 19 November 2014 di Istana Negara.

Demikian profil, biodata dan ulasan kami tentang Ahok atau Basuki Tjahaja Purnama secara singkat semoga menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Terima Kasih telah berkunjung dan membaca.
Share:

Page Views

Copyright © Aneka Profil & Informasi | Powered by Blogger

Design by ThemePacific | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com | Distributed By Blogger Templates20